Kamis, 05 April 2012

LONTARA BUGIS


Menurut Wikipedia Lontara ialah aksara asli masyarakat bugis-makassar. Jadi bukan asimilasi apalagi pengaruh budaya lain, termasuk india. bentuk aksara lontara menurut budayawan Prof Mattulada (alm) berasal dari “sulapa eppa wala suji”. Wala suji berasal dari kata wala = pemisah/pagar/penjaga dan suji = putri. Wala Suji adalah sejenis pagar bambu dalam acara ritual yang berbentuk belah ketupat. Sulapa eppa (empat sisi) adalah bentuk mistis kepercayaan Bugis-Makassar klasik yang menyimbolkan susunan semesta, api-air-angin-tanah.
Dari segi aspek budaya, suku bugis menggunakan dialek tersendiri dikenal dengan “Bahasa Ugi” dan mempunyai tulisan huruf bugis yang disebut “Aksara Lontara Bugis”. Aksara ini telah ada sejak abad ke-12 sejak melebarnya pengaruh Hindu di Indonesia. Aksara bugis berjumlah 23 huruf yang semuanya disusun berdasarkan aturan tersendiri. 
Perbedaan utama Antara “Aksara Lontara Bugis” dengan Aksara Nusantara lainnya yaitu walaupun pada Aksara Lontara Bugis ada beberapa huruf yang namanya sama dengan aksara nusantara lainnya, tetapi bukan hasil asimilasi dari budaya lain seperti India dan Arab.
Huruf Dalam Aksara Lontara Bugis :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar